Loading...

Cara Membuat Tulisan Pada Gambar/Watermark Secara Online


Cara Membuat Watermark Secara Online
Watermark adalah tanda yang dibubuhkan untuk menandai atau memberi identitas pada sebuah karya. Tanda ini tidak hanya dibubuhkan pada foto yang dikomersilkan, tetapi juga pada video, dokumen, foto-foto yang hendak dipajang di toko online atau blog pribadi dan karya-karya lainnya. Tujuan pemberian tanda ini tak lain untuk melindungi sebuah karya dari penggunaan tanpa izin. Karya-karya yang sudah dibubuhi tanda identitas, sulit untuk digandakan atau dibajak karena dengan berbagai cara sulit dihilangkan. Tanda ini bisa berupa teks inisial nama Anda atau nama studio Anda, logo studio atau perusahaan maupun kombinasi keduanya. Tanda identitas harus dibuat sedemikian rupa agar tidak mudah dimodifikasi dan benar-benar bisa melindungi sebuah karya dari penyalahgunaan.
Ada beragam cara membuat watermark, Anda bisa menggunakan aplikasi pengolahan foto seperti Adobe Photoshop untuk menambahkan tanda digital pada karya Anda dengan memanfaatkan software khusus atau dengan memanfaatkan situs online yang menyediakan layanan pembuatan tanda ini.
Watermark.ws adalah salah satu penyedia layanan cara membuat watermark. Situs online ini memiliki user interface dan fitur-fitur yang mudah digunakan untuk membubuhkan tanda identitas.
Cara membuat watermark di situs ini ini cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan foto, membuat dan mengatur posisi watermark saja. Setelah itu dalam sekejap tanda identitas sudah dibubuhkan ke dalam foto-foto Anda. Untuk lebih lengkapnya ikuti langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Pertama masuk ke situs ini.
  2. Selanjutnya masukkan foto-foto yang hendak diberi watermark. Caranya pilihlah tombol Upload, lalu tambahkan beberapa foto ke dalam daftar. Di sini Anda bisa menambahkan beberapa foto sekaligus.
  3. Bila semua foto telah di-upload, masuklah ke bagian kedua yakni bagian Add Watermark.
  4. Kemudian tambahkan watermark yang ingin dibubuhkan pada foto, Anda bisa membuat tanda berupa teks dan juga gambar. Di bagian ini Anda bisa menuliskan teks, memilih jenis font, menentukan ukuran, menentukan warna dan posisi serta mengatur tingkat transparansi. Di bagian inipula tersedia fasilitas untuk mengubah ukuran foto dan meningkatkan kualitas foto sesuai kebutuhan yakni di bagian Resize danCompress.
  5. Selanjutnya jika langkah-langkah tersebut telah selesai dilakukan, masuklah ke bagian ketiga yakni bagian Process Photo. Tunggulah beberapa saat hingga proses penambahan tanda selesai dilakukan dan foto-foto Anda siap didownload. Waktu yang dibutuhkan pada proses ini tentunya bergantung pada banyak foto yang Anda upload di langkah awal. Jika proses ini telah selesai, Anda akan mendapati munculnya link Download Finished Photolink tersebut menandai foto-foto telah siap didownload. Nantinya bila Anda mendownload foto yang telah dibubuhi watermark, maka Anda akan memperoleh file dalam format ZIP. Di dalam file inilah tersimpan foto-foto Anda yang telah diberi tanda.
Sebaiknya bubuhkan tanda identitas tepat di bagian tengah foto dengan ukuran yang cukup terlihat. Tetapi agar watermark ini tidak mengurangi keindahan koleksi foto Anda sebaiknya bubuhkan tanda yang sedikit transparan namun tetap terlihat. Tanda yang transparan sangat cocok digunakan terutama jika Anda ingin memposisikannya tepat di tengah-tengah foto dan berukuran besar.
Tujuan penempatan ini agar watermark ini tidak bisa dihilangkan dengan mudah. Sedangkan pemberian efek transparansi akan membuat tanda yang dibuat tidak menghalangi pandangan saat orang-orang menikmati foto Anda. Sementara itu cukup beresiko bila Anda membubuhkan tanda di salah satu sudut atau di bagian tepi. Sebab para pengguna foto yang tidak bertanggung jawab bisa saja memotong bagian tanda tersebut dan menggunakan foto Anda untuk kepentingan mereka.
Selain situs Watermark.ws, masih ada beberapa alternatif software dan situs yang menyediakan layanan ini. Berikut ini beberapa alternatif yang bisa Anda coba gunakan di antaranya Software Visual Watermark FreeSoftware Watermark ImagePickmarkr.


Click here for comments 0 komentar:

Berkomentarlah :

1.Dengan kata-kata yang sopan
2.Tidak menaruh link aktif ataupun non aktif
3.No spam, no sara, and no porn
4.Tidak promosi blog
5.Komentar yang tidak sesuai dengan isi konten akan langsung saya hapus
6.Komentar yang bagus akan saya publish dan saya beri komentar balik

Terima kasih atas komentar Anda
Back to Top